Loading...

Pengumuman

Registration

About Conference

SEMINAR NASIONAL BAHASA IBU

" Dokumentasi dan Revitalisasi Bahasa Lokal sebagai Identitas Lokal di Dunia Global "

Seminar Nasional Bahasa Ibu merupakan seri seminar nasional yang diselenggarakan oleh Program Studi Magister dan Doktor Linguistik Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana dengan tujuan utama untuk melestarikan dan menggali potensi Bahasa Ibu yang ada di Indonesia. Kegiatan ini senantiasa dilakukan di bulan Pebruari karena bulan Pebruari merupakan Bulan Bahasa Lokal. Memasuki pelaksanaan SNBI menuju dekade kedua, maka mulai tahun 2019 yang lalu yaitu pada kegiatan SNBI XI terdapat rangkaian kegiatan baru yang tersinergikan secara nasional yaitu kegiatan Lokakarya Pelestarian Bahasa Ibu I (LPBI I) oleh Asosiasi Peneliti Bahasa Lokal (APBL) dan kegiatan Bulan Bahasa Bali 2019 yang merupakan rangkaian perayaan HUT Kota Denpasar ke -231. Pada tahun 2020 ini, kami akan kembali mensinergikan langkah dan kegiatan dengan APBL dan Pemkot Denpasar untuk melaksanakan SNBI XII dan LPBI I.

Dalam kegiatan ini pula akan dilaksanakan pameran dokumntasi karya Bahasa dan Sastra bali khususnya berbagai hasil dokumentasi dan revitalisasi aset lokal berbahasa Bali yang tentunya sejakan dengan kegiatan Bulan Bahasa Bali yang diaadakan oleh Pemkot Denpasar dalam rangkaian Perayaan HUT Kota Denpasar ke-232.


Purpose :

SNBI XII tahun ini bertujuan :

  1. Menggali dan mengkaji secara kritis dan konstruktif, aneka segi kebahasaan, kesusastraan, kelisanan, dan keberaksaraan, termasuk bahasa-bahasa lokal (atau bahasa daerah atau dialek) yang kecil, kerdil, dan terpencil.
  2. Mengembangkan dan menguatkan fungsi jejaring kerja penelitian, pemberdayaan, pendayagunaan, dan pelestarian Bahasa Ibu.
  3. Mengembangkan kemampuan mendokumentasikan dan memberdayakan sumber daya kebahasaan, kesusastraan, kelisanan, dan keberaksaraan tradisional dan mutakhir berbasis teknologi digital.
.

Keynote Speaker

Prof. Dr. Jufrizal, M.Hum.
Prof. Dr. Jufrizal, M.Hum.

Universitas Negeri Padang

Biography

Important Date

  • Abstract Submission Deadline

  • Abstract Validation Process

    Abstrak anda akan melalui proses peer review.

  • Acceptance of Selected Abstract

  • Fullpaper Submission Deadline

    Pengumpulan fullpaper hanya dikhususkan bagi yang memesan e-prosiding.

  • Fullpaper Review Process

  • Acceptance of Selected Fullpaper

    Fullpaper wajib direvisi sesuai dengan hasil review.

  • Camera Ready Version Upload Deadline

  • Payment

    Mohon melakukan pembayaran sesuai dengan tanggal yang telah ditentukan dan mengunggah bukti pembayaran.

Organized By